Bukan Hanya Stres Kesepian Bisa Memicu Serangan Stroke

Bukan Hanya Stres: Kesepian Bisa Memicu Serangan Stroke

Merasa kesepian dan terisolasi ternyata punya dampak serius buat kesehatan kita, guys. Semakin lama kita ngerasain kesepian, semakin gede risiko buat kesehatan kita.

Baru-baru ini ada penelitian dari Harvard yang ngeliatin data lebih dari 12.000 orang dewasa yang berusia 50 tahun ke atas. Mereka dikasih nilai tentang tingkat kesepian mereka dua kali dalam empat tahun terakhir. Nah, hasilnya, orang yang dinilai kesepian waktu penilaian pertama punya risiko 25 persen lebih gede buat kena stroke dibanding yang enggak kesepian.

Bahkan buat yang merasa kesepian secara konsisten di kedua penilaian, risiko stroke mereka bisa naik sampai 56 persen lebih tinggi dibanding yang nggak pernah merasa terisolasi.

Menurut peneliti utama, Yenee Soh dari Harvard, kesepian sekarang dianggap sebagai masalah besar dalam kesehatan masyarakat. Dia bilang, “Khususnya kalau kesepian ini berlangsung lama, penelitian kami menunjukkan bahwa bisa jadi punya peran besar dalam risiko stroke, yang bisa jadi penyebab utama kecacatan dan kematian jangka panjang di seluruh dunia.”