AWS App Studio Solusi Cerdas untuk Pengembangan Aplikasi

AWS App Studio: Solusi Cerdas untuk Pengembangan Aplikasi

AWS (Amazon Web Services) telah meluncurkan App Studio, sebuah pembuat aplikasi AI yang menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan dapat dioperasikan dengan bahasa alami. “AWS App Studio membawa inovasi baru dalam pembuatan aplikasi, membantu pengembang untuk menciptakan aplikasi tingkat perusahaan dalam waktu singkat,” ujar Dilip Kumar, Vice President Applications AWS, seperti yang dilaporkan oleh KompasTekno dari VentureBeat, Sabtu (13/7/2024). Dengan App Studio, para profesional teknis tanpa latar belakang dalam pengembangan software, seperti manajer proyek TI, data engineer, dan arsitek, dapat dengan mudah membuat aplikasi bisnis yang disesuaikan dengan kebutuhan organisasi mereka.

Berbeda dengan programmer aplikasi tradisional yang harus menulis baris kode, pengguna App Studio hanya perlu mengetik deskripsi aplikasi yang ingin dibuat dengan bahasa sehari-hari. App Studio akan secara otomatis membuat aplikasi dengan berbagai user interface (UI), model data, dan logika bisnis sesuai dengan kebutuhan. Dalam hitungan menit, model pengkodean AWS akan mengolah input tersebut dan membuat aplikasi profesional lengkap dengan antarmuka pengguna dan alur kerja untuk pengujian dan penerapan.

Sebagai contoh, jika pengguna memilih sumber data tertentu dan menuliskan “buat aplikasi untuk melacak inventaris di seluruh toko”, App Studio akan memverifikasi maksud pengguna dan membuat aplikasi dengan UI multi-halaman, model data, dan logika bisnis yang sesuai. Selain itu, terdapat asisten percakapan AI yang memberikan panduan detail untuk memodifikasi elemen aplikasi menggunakan antarmuka point-and-click. Dengan cara ini, pengguna dapat mengubah aplikasi sesuai kebutuhan mereka.