Kebiasaan Ini Langsung Bikin Kolesterol Melonjak

Kebiasaan Ini Langsung Bikin Kolesterol Melonjak

Secara umum, kolesterol dalam kadar normal memang dibutuhkan oleh tubuh. Meski begitu, jika kadar kolesterol dalam darah tinggi maka dapat menyebabkan penyakit yang serius, seperti diabetes, jantung, dan stroke. Terkadang, kolesterol tinggi tidak menunjukkan tanda dan gejala apa pun. Namun, tanda dan gejala biasanya muncul ketika kolesterol tinggi sudah menyebabkan penyakit pada tubuh.

Ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari dapat membuat kolesterol tinggi, lho! Pertama, jarang mengonsumsi serat. Serat memiliki peran penting dalam menjaga kadar kolesterol dalam darah. Menurut ahli diet berlisensi Danielle McAvoy, RD, serat dapat mengikat kelebihan kolesterol dan membersihkannya dari aliran darah. Orang dengan kolesterol tinggi disarankan untuk mengonsumsi 25 sampai 30 gram serat per hari. Jadi, pastikan untuk mengonsumsi makanan seperti kacang-kacangan, oat, jeruk, apel, stroberi, kubis Brussel, dan kentang.

Kedua, sering ngemil keripik. Keripik yang renyah memang enak, tetapi makanan ini dapat berdampak buruk pada kolesterol Anda. Banyak keripik mengandung minyak terhidrogenasi yang tinggi lemak jenuh, yang dapat meningkatkan kadar LDL. Ketiga, doyan makan gorengan. Minyak yang digunakan untuk menggoreng makanan biasanya mengandung lemak trans tinggi, yang dapat meningkatkan kolesterol. Lebih baik mengukus, memanggang, atau memasak makanan daripada menggoreng.