Dokter Spesialis Ungkap Waktu Terbaik Ajarkan Anak untuk Sikat Gigi

Dokter Spesialis Ungkap Waktu Terbaik Ajarkan Anak untuk Sikat Gigi

Menjaga kesehatan mulut dan gigi anak sangat penting untuk dilakukan sejak dini. Karena email gigi anak lebih rentan terhadap kerusakan dibandingkan dengan gigi dewasa. Jadi, kapan waktu yang tepat untuk mengajarkan anak untuk sikat gigi? Menurut spesialis bedah mulut, drg. Kalia Labitta, Sp.BM, orang tua sebaiknya mulai mengajarkan anak untuk menyikat gigi sejak gigi anak mulai tumbuh untuk membentuk kebiasaan yang baik.

“Orang tua bisa mulai menyikat gigi anak saat gigi mereka sudah tumbuh atau sekitar usia 6 bulan. Ayo, biasakan anak untuk menyikat gigi,” kata drg. Kalia Labitta saat acara Buds Organics For Kids Grand Launching di BSD City, Tangerang, pada Kamis (26/9/2024).

Untuk anak yang baru tumbuh gigi atau berusia di bawah satu tahun, orang tua dapat menggunakan sikat gigi bayi atau kasa steril. Gosoklah gigi anak dengan lembut dengan gerakan melingkar selama dua menit. Sedangkan untuk anak yang sudah memiliki gigi penuh atau berusia 2 tahun, pilihlah sikat gigi dengan gagang yang lebih besar, ujung kepala sikat yang kecil, dan bulu sikat yang lembut. Pilihlah beberapa model sikat gigi dengan warna dan motif yang berbeda untuk menarik perhatian si kecil.

Karena anak masih terlalu kecil untuk menyikat gigi sendiri, orang tua juga harus memberikan contoh langsung kepada anak. Ajaklah anak untuk menyikat gigi bersama-sama di depan cermin agar ia terbiasa dengan rutinitas tersebut. Saat memilih pasta gigi, pastikan untuk memilih yang aman untuk anak-anak dan dengan rasa buah-buahan. Biarkan anak memilih sendiri pasta gigi yang disukainya. Hal ini akan membuat anak lebih bersemangat untuk belajar menyikat gigi.

“Ajak anak ke kamar mandi sebelum tidur dan tunjukkan bagaimana cara menyikat gigi di depan cermin. Anak suka meniru orang tua, jadi lakukan dengan cara yang menarik agar ia tertarik. Lakukan ini dua kali sehari,” tambahnya.