Dokter Spesialis Ungkap Waktu Terbaik Ajarkan Anak untuk Sikat Gigi

Dokter Spesialis Ungkap Waktu Terbaik Ajarkan Anak untuk Sikat Gigi

Dengan memulai kebiasaan menyikat gigi sedini mungkin, anak akan terbiasa dengan rutinitas ini dalam kehidupan sehari-hari. Selain menyikat gigi, anak mungkin juga memerlukan tindakan pencegahan seperti pemberian sealant atau aplikasi fluoride tambahan yang dilakukan oleh dokter gigi. Ini sangat penting, terutama jika anak memiliki risiko tinggi terhadap kerusakan gigi.

“Pemeriksaan gigi yang dilakukan sejak dini akan membantu melindungi gigi anak dan mencegah kerusakan gigi. Orang tua harus memperhatikan hal ini, karena masalah gigi dan mulut dapat sangat mengganggu,” paparnya.

Selain itu, masalah gigi juga dapat memengaruhi nafsu makan anak, yang akhirnya dapat menyebabkan penurunan berat badan karena asupan gizinya berkurang.

“Sakit gigi tidak langsung menyebabkan penurunan berat badan, tetapi dapat membuat anak sulit makan sehingga asupan gizinya berkurang. Oleh karena itu, membersihkan gigi harus menjadi kebiasaan anak agar ia memiliki kesadaran yang tinggi untuk melakukannya sepanjang hidupnya,” tambahnya.

Dengan memberikan perhatian yang cukup terhadap kesehatan gigi anak sejak dini, kita dapat membantu mereka membangun kebiasaan yang baik dan menjaga kesehatan gigi mereka dengan baik. Jadi, ayo mulai ajarkan anak untuk menyikat gigi sejak dini!