Samsung Resmi Luncurkan Memori GDDR7 24 GB PErtama di Dunia Next Gen AI

Samsung Resmi Luncurkan Memori GDDR7 24 GB Pertama di Dunia, Next Gen AI

Samsung baru saja mengumumkan chip memori (DRAM) GDDR7 untuk GPU yang jadi yang pertama di dunia dengan kapasitas 24 GB! Ini merupakan penerus dari memori GDDR7 16 GB yang dirilis tahun lalu, dan dirancang khusus untuk meningkatkan performa aplikasi kecerdasan buatan (AI), server, dan data center.

Sebagaimana kita tahu, pemrosesan AI lebih mengandalkan GPU daripada CPU, karena GPU lebih cepat dan efisien dalam menangani perhitungan yang kompleks. Jadi, kemampuan chip memori ini jelas berpengaruh besar terhadap pengolahan dan penerapan AI.

Chip GDDR7 24 GB ini dibuat dengan teknologi fabrikasi 10 nanometer generasi kelima, yang memungkinkan peningkatan jumlah transistor hingga 50% tanpa mengubah ukuran chip. Selain itu, Samsung juga membekali chip ini dengan teknologi terbaru bernama Pulse-Amplitude Modulation tiga lapis (PAM3), yang meningkatkan kecepatan transfer memori hingga 40 Gbps—25% lebih cepat dari generasi sebelumnya! Bahkan, kecepatannya bisa ditingkatkan hingga 42,5 Gbps, tergantung kebutuhan pengguna.