Gen Ibu atau Ayah dalam Menentukan Kecerdasan Anak Berikut Penjelasannya

Gen Ibu atau Ayah dalam Menentukan Kecerdasan Anak? Berikut Penjelasannya

Ingin memiliki anak pintar? Pastikan kamu memilih pasangan yang tepat ya! Karena gen orang tua memiliki peran penting dalam mewariskan kecerdasan kepada anak. Nah, pertanyaannya sekarang, gen siapa nih yang paling berpengaruh dalam menurunkan kecerdasan ke anak? Ibu atau ayah?

Menurut penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Psychology Spot, ternyata ibu lah yang lebih berperan dalam mewariskan kecerdasan kepada anak. Studi tersebut melibatkan 12.686 remaja berusia 14 hingga 22 tahun yang ditanyai tentang berbagai faktor seperti ras, tingkat pendidikan, status sosial, dan ekonomi. Para peneliti juga menanyakan hal serupa kepada ibu-ibu dari remaja yang menjadi subjek penelitian.

Dalam penelitian ini, para ahli menyebutkan bahwa wanita cenderung mentransmisikan gen kecerdasan melalui kromosom X. Wanita memiliki dua kromosom X, sedangkan pria hanya memiliki satu. Artinya, wanita memiliki peluang dua kali lipat untuk mewariskan kecerdasan kepada anak mereka dibandingkan dengan pria.