iPhone 16 Diramal Akan Laku Keras Apple Bisa Bangkit dari Jurang

iPhone 16 Diramal Akan Laku Keras, Apple Bisa Bangkit dari Jurang

Pendapatan global Apple diperkirakan akan melampaui US$400 miliar untuk pertama kalinya pada tahun 2024. Menurut Counterpoint Research, pertumbuhan ini akan didorong oleh perangkat keras dan layanan. Pendapatan perangkat keras Apple diperkirakan akan tumbuh 3% YoY tahun ini setelah mengalami penurunan pada tahun sebelumnya. Segmen perangkat keras utama seperti iPhone, iPad, Mac, Watch, dan AirPods akan menjadi pendorong pertumbuhan dengan peluncuran produk baru.

Namun, yang mengejutkan adalah AirPods diprediksi akan menjadi segmen dengan pertumbuhan tercepat pada 2024. Pertumbuhan perangkat keras diperkirakan akan berlanjut hingga tahun depan. Sementara itu, pendapatan layanan akan terus tumbuh dan mencapai rekor tertinggi pada 2025, melebihi US$100 miliar untuk pertama kalinya.

Direktur Counterpoint Research, Tarun Pathak, menyatakan bahwa segmen layanan tampaknya sangat menarik dengan adanya Apple Intelligence. Pertumbuhan layanan diperkirakan akan lebih cepat daripada perangkat keras. Meskipun begitu, perangkat keras tetap penting dalam mendorong pertumbuhan Apple.

Analisis Senior Counterpoint Research, Varun Mishra, menambahkan bahwa segmen layanan akan terus tumbuh lebih cepat daripada perangkat keras. Pada 2025, pendapatan dari layanan Apple kemungkinan akan melebihi pendapatan dari perangkat keras kecuali iPhone. Apple juga berencana untuk memonetisasi Apple Intelligence, namun hal ini akan memakan waktu dan dilakukan secara bertahap.